Top 3 Metro: Tarif Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Diusulkan Rp5.000, Kualitas Udara Jakarta Terburuk di Dunia

TEMPO.CO, Jakarta – Tiga berita terpopuler metropolitan pada Kamis pagi dimulai dari Dishub DKI lapor ke Heru Budi soal tarif Transjakarta rute bandara diusulkan Rp 5.000. Jika Heru Budi setuju, usulan tarif bus Transjakarta rute bandara akan diserahkan kepada DPRD DKI. 

Berita terpopuler berikutnya adalah cuaca Jakarta cerah tapi kualitas udara terburuk di dunia. Menurut situs IQAir, kualitas udara Jakarta pada Rabu pagi ini dalam kondisi tidak sehat.

Berita terpopuler ketiga yaitu seribu personel dikerahkan Polres Metro Jakarta Pusat untuk pengamanan demo buruh di Patung Tugu Kuda, Monas. Kepolisian juga menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas di sekitar Jalan Merdeka Barat.

Berikut 3 berita terpopuler kanal metropolitan pada Kamis, 10 Agustus 2023:    

1. Tarif Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Diusulkan Rp 5.000, Dishub DKI Lapor Heru Budi

Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyampaikan usulan tarif TransJakarta rute Bandara Soekarno-Hatta Rp5.000 ke Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan telah mengkaji besaran tarif tersebut.

“Kami sudah melakukan review dan saya juga sudah membuat laporan ke Pak Pj Gubernur,” kata Syafrin Liputo di Jakarta, Rabu, 9 Agustus 2023, seperti dikutip dari Antara.

Sebelumnya, Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengusulkan tarif layanan bus TransJakarta rute Terminal Kalideres ke bandara Rp5.000 per penumpang.

Syafrin mengatakan tarif TransJakarta rute Bandara Soekarno-Hatta harus mendapatkan persetujuan dari DPRD DKI Jakarta. Pada saat ini, usulan tarif masih dibahas di tingkat Pemprov DKI Jakarta. Jika Heru Budi setuju, usulan tarif bus Transjakarta rute bandara akan diserahkan ke DPRD DKI. 

“Berdasarkan regulasi, penetapan tarif dengan subsidi itu harus mendapat persetujuan Dewan,” ujarnya.

Baca Juga  Sinopsis Killers of the Flower Moon, Tragedi Suku Osage – Bengkulu News

Menurut Syafrin, besaran tarif Rp5.000 ini merupakan nilai setelah pemotongan subsidi tiket (Public Service Obligation/PSO). Tanpa PSO, tarif yang dikenakan bisa mencapai Rp12.000 per penumpang.

Selain membahas tarif, Dishub DKI masih melanjutkan uji coba layanan TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta. Pada saat ini, jam operasional layanan ditambah sesuai jam kerja para pegawai bandara. Jam operasional yang semula pukul 06.00-09.00 ditambah menjadi pukul 05.30-09.05 dan pukul 18.00-21.00 menjadi pukul 16.30-21.05.

Selanjutnya cuaca Jakarta cerah tapi kualitas udara terburuk di dunia…



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *