Sabrina Kalahkan Rasa Tertekan dan Terus Bangkit dari Kegagalan – Bengkulu News

BENGKULU – Sabrina Maharani anak ketiga dari lima bersaudara ini, berhasil meraih Juara satu lomba baca puisi dalam Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional se Provinsi Bengkulu 2023. Kecintaannya terhadap puisi membuat Ia menorehkan sejumlah prestasi dalam beberapa perlombaan, serta selalu berada dalam posisi dua besar.

Namun dibalik sederet prestasi yang Ia miliki, tersimpan cerita panjang mengenai perjalanannya. Siapa sangka sang juara rupanya tidak memiliki ketertarikan sama sekali terhadap puisi. Ada alasan tersendiri, terlebih cerita masa lalu yang membuat ia merasa tidak memiliki bakat dalam membaca puisi.

“Banyak sekali jika harus diceritakan, perjuangan saya sampai di titik ini dimulai saat duduk di bangku lima SD.  Saat itu saya mengikuti lomba puisi untuk pertama kalinya dan kebetulan adik saya kelas satu SD juga mengikuti lomba yang sama. Dan luar biasanya dia bisa masuk dalam final, sedangkan saya yang sudah kelas lima tidak lolos. Saya merasa malu hingga akhirnya menangis di tempat lomba. Hal yang sangat memalukan, namun menjadi acuan bagi saya di kemudian hari,” kata Sabrina pada Bengkulunews.co.id Rabu (13/09/23) siang.

Kemudian saat duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP), Ia kembali memberanikan diri untuk mengikuti lomba. Berkali-kali lomba yang diikutinya membawa perubahan yang cukup signifikan kala itu, walau hanya 50 persen baginya.

Memasuki bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), dirinya mengikuti ekskul Teater Menara. Ketertarikannya akan akting dan puisi menjadi satu dalam ekskul tersebut, dari sinilah ia mulai mengembangkan bakatnya menjadi lebih baik hari demi hari.

“Saya ikut ekskul Teater Menara yang pelatihnya merupakan kakak kandung saya. Di sana banyak senior yang hebat dan membuat saya jadi tertarik puisi, kemudian mulai mengikuti lomba-lomba lagi. Saya adalah orang yang cukup suka berakting dan puisi memerlukan akting,” jelasnya.

Baca Juga  Kementerian ESDM akan Rilis Aplikasi Single Gateaway pada Januari 2024

Sejak mengikuti Teater tersebut ia belajar banyak hal mengenai puisi dan akting. Dalam mendalami setiap peran ia terus berlatih bersama pelatih dan secara otodidak di rumah, support dari gurunya, M. Nurhidayat (Achmad) dan Tile sangat penting baginya.

Bagi Sabrina mereka adalah guru besarnya, karena bisa membuat dirinya bangkit dan berkembang secara pesat dalam puisi juga acting. Bahkan berhasil meraih juara satu lomba baca puisi dalam FLS2N se Provinsi Bengkulu 2023.

Walaupun begitu masih saja ada rintangan yang dilalui, bahkan tekanan juga ia rasakan. Ada hal lain yang membuat dirinya kala itu terpuruk, H-10 lomba suaranya sakit. Padahal dalam lomba baca puisi, suara adalah hal yang paling penting.

Hal tersebut terjadi karena ia merasa tertekan. Menurut Sabrina dirinya masih kurang banyak hal, tekanan lain seperti berbagai pantangan. Pantangan tersebut tidak boleh makan berminyak, dingin hingga pedas juga menjadi penyebab dirinya menangis sepanjang malam.

“Ketika saya ingin lomba, tentunya saya harus memiliki suara yang baik dan besar. Bahkan saya merusak suara sendiri sebelumnya, demi memperbaiki suara saya di kemudian hari. Namun yang paling saya ingat adalah ketika saya menangis tiap malam karena merasa tertekan dan selalu merasa selalu kurang, pelatih saya juga cukup keras, namun itu juga yang membuat saya bisa sampai titik ini,” ujar Sabrina.

Hebatnya Sabrina tidak berlarut-larut dalam tekanan. Ia bangkit dan memperbaiki diri menjadi lebih baik. Menurutnya jika tidak melalui proses tersebut, tidak akan mengantarkannya pada titik ini. Ia berharap ke depannya dapat menjadi sosok inspirasi bagi banyak orang dan saat ini Sabrina ingin lebih fokus pada sekolah terkhusus OSIS.

Baca Juga  Jasa Bersih Rumah Di Kota Samarinda Terbukti

“Semoga kedepannya dengan terpilihnya saya sebagai ketua OSIS SMAN 8 Kota Bengkulu, bisa membawa dampak positif dan sebagai inspirasi bagi seluruh warga sekolah untuk dapat terus berprestasi,” demikian Sabrina.

Sederet prestasi yang di raih Sabrina :

  1. Juara Harapan satu MGMP bahasa Indonesia, Kota Bengkulu.
  2. Juara dua baca puisi ICC Nasional.
  3. Juara satu baca puisi FLS2N Kota Bengkulu.
  4. Juara satu baca puisi FLS2N Provinsi Bengkulu.
  5. Finalis baca puisi FLS2N Nasional.
  6. Mengikuti turnamen taekwondo dan juga lomba story telling.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *