Menjelang HUT RI ke-78, Pasar Asemka Dipadati Pembeli Pernak-Pernik Bertema Kemerdekaan

TEMPO.CO, Jakarta – Menjelang HUT RI ke-78, para pedagang pernak-pernik kemerdekaan kembali berharap meraup rezeki setahun sekali itu. Setelah omzet sempat turun drastis karena pandemi Covid-19 sejak 2020, kini mereka barang dagangan mereka mulai laris.   

Muslim, 43 tahun, mengatakan penghasilannya berjualan pernak-pernik HUT RI sudah mulai membaik dibandingkan pada masa pandemi. Barang-barang tahun lalu yang belum habis bisa dijual kembali, yang terpenting tidak ada logonya.

“Mulai dari tanggal 5 ke atas sudah mulai terasa ramai pembeli,” kata Muslim saat Tempo mengunjungi kiosnya di Pasar Asemka, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Penjual masker bernuansa kemerdekaan yang bernama Maruf (32 tahun) mengatakan penjualannya justru menurun. Pada tahun ini, pemerintah sudah membebaskan pemakaian masker sehingga tak banyak orang membeli masker.

Pedagang lain bernama Nisih, 27 tahun dan Ibnu, 35 tahun, justru meraup rezeki dari berjualan pernak-pernik hingga bendera merah putih berukuran besar serta baju setelan bertema 17-an, “Banyak pembeli sekarang, apalagi menuju pemilu,” ujarnya. 

Iklan

Mereka mengatakan penjualan barang bertema kemerdekaan mulai ramai sejak 28 Juni lalu. Pada 10 Agustus, diperkirakan barang akan tersisa sedikit.

Pedagang di Pasar Pagi Asemka itu mengatakan, barang yang paling banyak dicari oleh pembeli menjelang HUT RI adalah baju, stiker, bendera plastik, umbul-umbul, serta bendera kain dari yang ukuran kecil hingga besar.

NINDA DWI RAMADHANI

Pilihan Editor: 1.200 Personel Gabungan Jaga Acara Istana Berkebaya Peringati HUT Ri ke-78 di Depan Istana Merdeka, Dibuka Jokowi



Quoted From Many Source

Baca Juga  Sri Mulyani Unggah Dirinya dengan Karakter One Piece Lagi, Ingin Sampaikan Pesan Apa?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *