Mengenal Istilah ‘The Strawberry Generation’ Sebutan Bagi Gen Z yang Lembek? – Bengkulu News

BENGKULU – Strawberry merupakan buah yang berpenampilan indah dan menawan, serta menjadi favorit bagi banyak orang. Namun walaupun terlihat indah, buah strawberry jika ditekan akan hancur. Buah strawberry ini digambarkan seperti karakter generasi Z (11 sampai 26 tahun) saat ini.

Jika digambarkan langsung generasi Z memiliki karakter yang kreatif, energic, serta memiliki pemikiran cemerlang. Sayangnya mereka mudah hancur ketika berada atau mendapatkan tekanan dari sosial yang ada.

Mereka akan sungkan untuk memberikan ide kreatif lagi, tidak mau bekerja keras bahkan mudah menyerah. Sehingga muncullah frasa ‘The Strawberry Generation’ yang memiliki kesamaan karakter dengan generasi Z.

Asal Usul ‘The Strawberry Generation’

Istilah atau frasa ‘The Strawberry Generation sendiri muncul pertama kali di Taiwan dan menuju pada generasi yang lahir setelah tahun 1981. Tetapi kelang beberapa waktu frasa tersebut mengalami pergeseran dan menunjuk pada generasi bawah milenial, yang digambarkan lembek, lunak seperti buah strawberry.

Namun ada pula yang mengaggap bahwa karakter Strawberry tidak tergantung pada kelompok usia, tetapi setiap orang bisa memiliki sifat tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Menurut Prof. Rhenald Kasali dalam bukunya berjudul Strawberry Generation, generasi ini merupakan orang-orang yang penuh dengan gagasan kreatif, tetapi mudah menyerah serta sakit hati.

Hal tersebut terjadi karena pola didikan orangtua yang salah, tidak bisa berlaku ‘keras’ karena takut menyakiti anaknya. Mereka juga memiliki sifat yang menginginkan sesuatu secara instan tanpa proses. Jika mereka sedang mengalami kesulitan akan cenderung lari dan tidak mau berusaha.

Adapun faktor lainnya adalah karena mereka tumbuh dalam lingkungan secure dan serba instan. Ditambah orang tua yang overprotective justu membuat mereka tidak terbiasa dikritik. Bahkan cenderung menghindari kesulitan yang ada.

Baca Juga  Dempo Usul Dol Dijadikan Olahraga Seni dan Budaya

Sisi Positif Strawberry

  1. Tidak takut menyampaikan pendapat

Mereka yang memiliki sifat ini mempunya karakter berani dalam berpendapat, terkhusus memberikan ide serta inovasi yang cemerlang untuk memajukan Perusahaan.

  1. Menyukai tantangan

Mereka juga lebih menyukai berbagai tantangan untuk mengasah kemampuan serta menguji passion yang dimiliki.

  1. Cepat dalam menggapai teknologi

Mereka juga cepat dalam beradaptasi dengan teknologi baru, sehingga penguasaan dalam bidang tersebut mudah dikerjakan.

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *