Hasil Piala AFF U-23 2023: Timnas U-23 Indonesia vs Timor Leste 1-0, Ramadhan Sananta Cetak Gol Kemenangan

TEMPO.CO, Jakarta – Timnas U-23 Indonesia meraih kemenangan atas Timor Leste dengan skor 1-0 dalam laga kedua grup B Piala AFF U-23 2023 Indonesia di Rayong Provinsial Stadium, Thailand, Minggu, 20 Agustus 2023.

Skuad Garuda Muda yang kemenangan setelah kekalahan dari Malaysia di laga pertama, bermain dengan intensitas serangan yang tinggi. Ramadhan Sananta dan rekan-rekannya terus berusaha menekan pertahanan Timor Leste. 

Sejumlah peluang berhasil diciptakan tim asuhan Shin Tae-yong. Namun, para pemain timnas Indonesia U-23 masih kesulitan menjebol gawang Timor Leste yang dikawal oleh Georgino Da Silva.

Di pertandingan ini, Shin Tae-yong melakukan perubahan di lini depan. Ramadhan Sananta didampingi Jeam Kelly Sroyer dan Abdul Rahman.

Pada menit ke-40, Beckham Putra memiliki peluang mencetak gol. Namun, pemain Persib Bandung ini gagal menyelesaikan umpan yang diterimanya meski posisinya sudah di depan gawang dan bebas dari kawalan pemain Timor Leste. 

Gol yang dinantikan terjadi pada menit ke-45. Ramadhan Sananta berhasil menjebol gawang Timor Leste setelah berhasil menyambut umpan dari Beckham Putra. Gol ini membawa Indonesia untuk sementara unggul 1-0. 

Bagi Ramadhan Sananta, ini adalah gol keduanya di Piala AFF U-23 2023. Sebelumnya dia mencetak gol ketika Indonesia menghadapi Malaysia di laga pertama.

Sepanjang babak pertama, pasukan Shin Tae-yong mendominasi penguasaan bola dengan prosentasi lebih dari 60 persen. Meski begitu, timnas U-23 Timor Leste berulang kali mampu memberikan ancaman di barisan pertahanan Indonesia melalui serangan balik yang cepat. 

Di awal babak kedua, Shin Tae-yong melakukan pergantian pemain lini depan. Dia menarik Abdul Rahmad dan digantikan Esal Sahrul Muhrom. 

Saat pertandingan kembali dilanjutkan usai jeda turun minum, Ramadhan Sananta dan rekan-rekannya kembali melancarkan serangan terus-menerus ke pertahanan Timor Leste. 

Baca Juga  Gerakan Pramuka Harus Jadi Bagian Upaya Peningkatan Kualitas Generasi Muda

Pada menit ke-49, Ramadhan Sananta mendapatkan peluang emas untuk bisa mencetak gol kedua di laga ini. Dia berhasil memanfaatkan bola liar di depan gawang. Dengan badan memutar, dia menembak dengan kaki kirinya. Tetapi bola sepakannya masih melenceng. 

Iklan

Di babak kedua ini, pelatih timnas U-23 Indonesia, Shin Tae-yong mendapatkan kartu kuning. Dia dianggap berlebihan dalam melakukan protes terhadap keputusan wasit. 

Masuknya Esal menambah aliran umpan ke Ramadhan Sananta. Namun, beberapa peluang yang didapat belum bisa dimaksimalkan oleh Ramadhan. 

Untuk menambah amunisi, Shin Tae-yong melakukan pergantian dua pemain di lini depan dan belakang pada menit ke-68. Muhammad Ragil dan Muhammad Ferarri masuk menggantikan Jeam Kelly Sroyer dan Kadek Arel Priyatna. 

Timnas U-23 Indonesia kembali mendapatkan kesempatan mencetak gol kedua melalui tembakan bebas pada menit ke-78. Jarak tembak tak jauh dari kotak penalti. Tetapi tendangan Alfeandra Dewangga masih melambung di atas mistar gawang. 

Pada menit ke-78, Ramadhan Sananta berhasil menjebol gawang Timor Leste. Namun, wasit menganggap posisinya sudah offside sehingga gol itu dianulir wasit. Padahal, dari tayangan ulang, menunjukkan penyerang Indonesia itu dalam kondisi onside ketika menerima umpan dari Beckham Putra. 

Timor Leste memiliki peluang pada menit-menit akhir waktu normal. Mereka mampu melakukan tembakan tepat sasaran tetapi mampu dihalau kiper Ernando Ari. Ini menjadi penyelamatan penting yang dilakukan Ernando di laga ini.

Saat memasuki tambahan waktu, Shin Tae-yong kembali melakukan pergantian pemain. Esal ditarik dan digantikan Haykal Alhafiz. Beckham Putra yang bekerja keras dan berulang kali terlibat dalam menciptakan peluang gol, juga ditarik dan digantikan Kanu Helmiawan. 

Dalam sisa waktu yang ada tidak ada tambahan gol yang terjadi. Timnas U-23 Indonesia yang mendominasi penguasaan bola tak mampu mencetak gol kedua meski memiliki sejumlah peluang. Skor tetap 1-0 untuk keunggulan skuad Garuda Muda.

Baca Juga  Cerita Fitri Awanis Al Qartisa, Juara Satu Kimia OSN Provinsi Bengkulu 2023 – Bengkulu News

Dengan hasil ini, timnas U-23 Indonesia untuk sementara menduduki posisi runner-up grup B Piala AFF U-23 2023, dengan tiga poin. Di grup ini, masih menyisakan satu partai terakhir, yakni Malaysia yang kini memimpin klasemen grup, melawan Timor Leste. Duel ini dijadwalkan berlangsung pada 21 Agustus 2023.

Pilihan Editor: Hasil Piala Dunia Wanita 2023: Spanyol Juara setelah Kalahkan Inggris 1-0 di Final



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *