Fenomena Telaga Biru di Bengkulu Tengah, Jadi Tempat Wisata Dadakan

BENGKULU – Sebuah danau berwarna biru ditemukan di tengah perkebunan sawit milik Kepala Desa Talang Boseng, Kecamatan Pondok Kelapa Kabupaten Bengkulu Tengah. Danau kecil berdiameter lebih kurang 5 meter ini pertama kali ditemukan oleh warga yang hendak memanen sawit.

Kades Talang Boseng, Iskandar mengatakan, air di danau ini sebelumnya berwarna jernih. Namun dalam beberapa hari terakhir mendadak berubah warna menjadi kebiruan. Ia mengaku tidak ada limbah pabrik yang mempengaruhi perubahan warna air tersebut.

“Di area sini tidak ada pabrik,” katanya, Sabtu (28/10/2023).

Untuk menghindari terjadinya hal buruk, area di pinggir danau kini diberi pembatas dan spanduk peringatan. Warga yang mengunjungi tempat ini dilarang untuk mandi, mengkonsumsi atau menjatuhkan sesuatu. Sampel air kini juga telah diperiksa oleh dinas terkait.

“Cek lab airnya sudah dibawa dinkes, tinggal nentukan hasilnya. Untuk saat ini belum tahu,” jelas Iskandar.

Iskandar menyebut akan berkoordinasi dengan stakeholder setempat dan membuka tempat ini untuk wisata, jika hasil tes laboratorium tidak menunjukkan adanya pengaruh kimia berbahaya.

“Kita kordinasi dulu, kalau memang ini fenomena alam yang jelas kita undang dulu tokoh masyarakat untuk kelanjutannya. Supaya bisa dijadikan wisata,” ujarnya.

Fenomena ini spontan mengundang rasa penasaran warga. Seperti Eni, salah satu pengunjung dari kecamatan Lais Kabupaten Bengkulu Utara. Ia mengaku sengaja mampir ke tempat ini untuk mengetahui telaga biru yang sempat viral di media sosial itu.

“Jadi penasaran, sampailah di sini. Ternyata memang warna biru telaganya,” ungkap Eni.

Quoted From Many Source

Baca Juga  Trik Mengetahui Sertipikat Tanah Asli dan Aspal sebagai Upaya Mencegah Kejahatan Mafia Pertanahan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *