8 Wisata Alam di Malang yang Unik dan Hits

TEMPO.CO, JakartaMalang termasuk kota di Indonesia dengan potensi wisata yang cukup menarik. Salah satu destinasi favorit yang banyak diminati masyarakat saat berkunjung ke Malang adalah wisata alamnya. Ada banyak sekali wisata alam di Malang yang tak boleh terlewatkan. Penasaran ada apa saja? Simak rekomendasi 8 wisata alam di Malang yang unik dan hits berikut ini.

1.   Coban Rais

Coban dalam Bahasa Jawa berarti air terjun. Coban Rais menjadi salah satu tempat wisata alam di Malang yang wajib dikunjungi. Air terjun tersembunyi yang berada di Desa Oro Oro Ombo ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Diapit oleh pepohonan hijau dan suasana sejuk, air terjun ini menjadi tempat ideal untuk berfoto, berpiknik, atau sekadar melepas penat dengan suara gemercik air yang menenangkan. Tiket masuknya saat ini sebesar Rp 12.500 per orang dan menyediakan berbagai wahana hiburan, kafe hingga tempat camping

2.   Gunung Bromo

Berbicara soal wisata alam di Malang, tempat wisata yang satu ini sepertinya tidak boleh terlewatkan. Gunung Bromo menjadi salah satu tempat wisata alam favorit di Jawa Timur. Gunung ini sendiri terletak di empat wilayah yaitu Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Pasuruan. Di sini pengunjung bisa menikmati keindahan sunrise dan sunsetnya. Selain itu, pengunjung bisa menyewa jeep atau menunggang kuda untuk mengelilingi kawasan Gunung Bromo.

3.   Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna, Malang, Jawa Timur. TEMPO/Amston Probel

Wisata alam di Malang yang unik dan hits selanjutnya adalah Pantai Tiga Warna. Seperti namanya, pantai yang terletak di Kabupaten Malang ini memiliki tiga warna yaitu warna biru, hijau, dan cokelat kemerahan. Harga tiket masuknya pun sangat terjangkau yaitu Rp 10 ribu per orang. Pantai ini cocok bagi pengunjung yang ingin berfoto ria atau menikmati pemandangan Pantai yang indah. Selain itu, Pantai Tiga Warna juga termasuk dalam kawasan konservasi mangrove dan terumbu karang.

Baca Juga  Heru Budi Janji Lanjutkan TOD Tradisi Anies Baswedan

4.   Pulau Sempu

Tak jauh dari Pantai Tiga Warna ada tempat wisata alam Malang yang sangat direkomendasikan untuk Anda pecinta alam. Tempat wisata tersebut bernama Pulau Sempu. Pulau ini memiliki danau yang sangat lebar di tengahnya yang bernama Segara Anakan. Cara terbaik untuk menikmati keindahan pulau yang berlokasi sekitar 75 KM dari pusat Kota Malang ini adalah dengan camping. Selain itu, pulau ini juga memiliki kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. 

Pulau Sempu. dok. TEMPO/Jalil Hakim

5.   Bukit Nirwana

Iklan

Bagi Anda pecinta gunung, Bukit Nirwana merupakan tempat wisata di Malang yang wajib dikunjungi. Di tempat ini Anda bisa berfoto ria karena menawarkan banyak spot foto instagramable. Bukit Nirwana juga memiliki udara yang sejuk karena posisinya berada di bukit. Tak hanya itu, dari atas bukit, Anda bisa menikmati pemandangan yang memanjakan mata. Lokasi Bukit Nirwana berada di Tulungrejo, Pujon Kidul dengan harga tiket masuk Rp10 ribu per orang.

6.   Goa Pinus

Goa Pinus terletak di Gang Mbah Ba’i, Gunungsari Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi saat plesiran di Malang. Di sini pengunjung bisa menikmati udara yang sejuk sambil berfoto ria di sejumlah spot foto unik yang tersedia. Tiket masuk ke Gua Pinus ini Rp 10 ribu per orang. Adapun sejumlah spot foto unik yang bisa dinikmati di antaranya Pos Kayu Unik, Perahu Melayang, Rumah Papua, Gazebo Akar, Sangr Lingkaran, Balon Udara dan masih banyak lainnya.

7.   Pantai Balekambang

Pantai Balekambang di Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, berjarak 65 kilometer dari pusat Kota Malang. Di Pulau Ismoyo terdapat Pura Luhur Amertha Jati yang dihubungkan dengan sebuah jembatan. TEMPO/Abdi Purmono

Baca Juga  Nikmati Sensasi Es Puding Raflesia Legendaris Sudah Populer Sejak 30 Tahun

Selain wisata pegunungan, Malang juga menawarkan wisata pantai yang menakjubkan salah satunya Pantai Balekambang. Dengan tiket masuk Rp 20 ribu per orang, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai berpasir putih yang memanjakan mata. Selain itu, pantai ini memiliki fasilitas yang lengkap mulai dari rumah makan, musholla, penginapan, toilet, dan juga akses internet yang lancar. .

8.   Kebun Teh Wonosari

Kebun Teh Wonosari terletak di Lereng Gunung Arjuno, Kabupaten Malang. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan berupa hamparan kebun teh yang hijau dan menyejukkan. Bagi Anda pecinta alam, destinasi kebun teh Wonosari sangat sayang jika dilewatkan. Tiket masuknya Rp 15 ribu dan Anda akan mendapatkan gratis teh hangat. Selain menawarkan pemandangan, di sini terdapat  sarana rekreasi, seperti kolam renang, wahana outbound, jalur sepeda, dan motor trail. 

RIZKY DEWI AYU 

Pilihan Editor: Tren Wisata 2022: Wisatawan Pilih Wisata Alam dan Road Trip



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *